Minggu, 26 Mei 2013

Khasiat Buah Apel

banyak orang yang rupanya menganggap sepele khasiat dari buah apel, saya memposting artikel tentang manfaat buah apel ini karena beberapa hari yang lalu saya habis dari kota batu yang juga terkenal dengan sebutan kota apel, dan disanalah saya mendapatkan ide untuk membuat postingan mengenai khasiat buah apel bagi kesehatan tubuh kita.


Apel banyak disukai oleh banyak orang karena kandungan vitaminnya yang tidak boleh disepelekan, selain itu warna dan rasa buah apel yang menarik membuat buah ini banyak digemari oleh banyak orang, buah ini sendiri memiliki berbagai macam jenis, dengan rasa yang berbeda-beda.
Beberapa jenis  buah apel yang umumnya kita temui antara lain :

  1. Apel kuning ( Golden Delicious ) ini berasal dari Amerika, biasanya dikonsumsi untuk pai dan dibuat saus apel.
  2. Apel merah ( Red Delicious ) Berasal dari Amerika, kulit agak tebal, warna kulit merah hati bergaris-garis, daging buah lunak, berair, rasa manis sedikit asam. Enak dimakan dalam keadaan segar.
  3. Apel Fuji ( Gala ) asalnya dari New Zeland Baru adalah buah apel yang memiliki rasa paling segar dan paling manis diantara apel yang lain. ciri-ciri apel jenis ini warna kulit kuning dengan garis-garis vertikal berwarna merah jambu, berair, daging buah keras, manis, aroma lebih tajam.
  4. Granny Smith sepertinya kurang familiar dimata orang Indonesia, buah yang berasal dari Australia ini memiliki rasa yang asam, warna hijau, berukuran sedang, biasanya dibuat untuk masakan.
  5. Apel manalagi ( lokal ) paling sering dijumpai berwarna hijau. Rasa daging buahnya manis walaupun belum matang , aromanya kuat. Tekstur agak liat , kandungan airnya kurang. Daging buah berwarna putih kekuningan. Bentuk buah agak bulat dengan ujung dan pangkal berlekuk dangkal.
  6. Apel malang ( lokal ) Apel Malang rasanya segar, perpaduan antara rasa manis dan ada rasa asam, berwarna merah semburat hijau segar. Tekstur daging keras
Buah apel Sendiri memiliki beberapa kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, antara lain  vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan mata, B1, B2, B3, B5, B6, dan vitamin C. Terdapat pula sejumlah mineral  yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, seperti potassium, magnesium, kalsium, zat besi, zinc. unsur lainnya seperti fitokimian, tanin, serat, baron, asam tartar terdapat juga dalam buah apel.
Dan berikut ini adalah beberapa manfaat dan Khasiat buah apel bagi kesehatan tubuh.
1. Menyehatkan Pencernaan
Kandungan Serat dalam buah apel yang tinggi memiliki peranan utama dalam proses pencernaan dalam tubuh.
2. Mencegah Anemia
Buah apel memiliki kandungan zat besi yang tinggi sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kadar hemoglobin untuk meningkatkan jumlah darah dalam tubuh anda.
3. Menurunkan Berat Badan
Bagi sobat yang ingin berdiet, mengkonsumsi buah apel sepertinya pilihan yang sangat tepat, hal ini dikarenakan kandungan serat yang tinggi dalam membantu proses pencernaan. yang sangat membantu dalam mengurangi berat badan.
4. Mencegah Bakteri Di Mulut
Dengan Kita mengunyah buah apel, maka akan membuat produksi air liur dalam mulut akan bertambah, hal inilah yang mencegah bakteri dalam mulut berkembang, selain itu juga dapat mencegah gigi keopos dan penyakit pada gusi.

5. Menyehatkan Jantung 
Khasiat buah apel yang dapat mengurangi kolestrol, membuat buah ini menjadi sangat cocok untuk tetap menjaga kesehatan jantung kita.

Selain 5 manfaat dan khasiat buah apel diatas, ada beberapa khasiat lain dari buah apel antara lain :

  1. melindungi tulang
  2. Mencegah berbagai macam kanker, diantaranya kanker payudara, hati dan paru-paru
  3. Mengontrol diabetes
  4. Menurunkan resiko terserang Alzheimer pada otak
  5. Mengembalikan tubuh yang lesu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...