Minggu, 26 Mei 2013

Manfaat Cuka Apel

Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Cuka Apel.Cuka apel merupakan salah satu alternative pemanfaatan buah apel. Cuka apel atau apple cider vinegar ini sudah lama digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.
Ada 2 jenis cuka apel, yaitu cuka apel yang terbuat dari fermentasi sari apel dan cuka apel yang terbuat dari sari apel beralkohol (cider).Cuka apel yang terbuat dari sari apel beralkohol dengan kadar alkohol sebanyak 5,85%.
Cuka apel dimanfaatkan sebagai penambah rasa asam alami pada masakan.Cuka apel juga bermanfaat untuk mengawetkan makanan seperti sayur, daging, dan juga acar.
Cuka apel bermanfaat untuk membantu program penurunan berat badan Anda, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, meredakan arthritis, maupun mencegah terjadinya proses penuaan pada kulit.
Berikut Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan;
Cuka Apel Untuk Menyembuhkan Luka
Cuka apel mampu mencegah penyebaran bakteri pada luka, Cuka apel untuk proses penyembuhan dan mengurangi rasa gatal yang biasanya timbul ketika luka akan segera sembuh.
Cuka Apel Untuk Menyehatkan Rambut
Cuka Apel bermanfaat bagi kesuburan dan kesehatan rambut, Gunakan ½ sendok makan cuka apel dan secangkir air dingin.
Cuka Apel Untuk Menstabilkan Tekanan Darah.
Meskipun Apel sudah diubah dalam proses fermentasi menjadi cuka, kandungan manfaat apel masih bertahan.Cuka apel bermanfaat untuk meredakan gangguan hipertensi dan keluhan pembuluh darah.
Cuka Apel Untuk Membantu Perawatan Wajah
Cuka apel sangat membantu digunakan untuk menjaga keseimbangan Ph pada kulit wajah. Dengan menggunakan cuka apel di malam hari ketika mau tidur dan di pagi hari sebelum memakai pelembab wajah.
Bagi Anda yang memiliki flek hitam di wajah baik karena jerawat yang meninggalkan “jejak” maupun karena penyakit lainnya, bisa dihilangkan dengan cuka apel ketika menjelang tidur.
Ingat harus mencampurkannya dengan air karena Cuka Apel sifatnya yang asam bisa merusak lapisan kulit.
Cuka Apel Untuk Mengatasi Rematik dan Noda di Gigi
Kandungan kalium di dalam cuka apel dapat menguragi endapan kristal asam yang tumbuh di sekitar tulang sendi. Kandungan magnesiumnya berfungsi sebagai perekat yang melekatkan kalsium dan fosfor pada tulang-tulang dalam tubuh untuk melawan osteoporosis atau tulang rapuh. Anda yang bermasalah dengan noda di gigi juga dapat menggunakan cuka apel dengan cara dikumur.
Cuka Apel Untuk Mengusir Rasa Pegal pada Kaki
Rasa pegal di kaki disebabkan oleh laktat.  Cuka apel bermanfaat sebagai penarik laktat tersebut sehingga membantu menghilangkan rasa pegal di kaki.
Konsumsi cuka apel sebaiknya tidak secara berlebihan. Cuka apel merupakan suplemen bukan obat.
Jika Anda ingin menggunakan cuka apel untuk mengobati penyakit yang diderita, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada praktisi ahli kesehatan supaya tidak menimbulkan efek samping dan hasilnya pun dapat maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...