Kamis, 13 Juni 2013

Membuat Keripik Nangka

keripik nangka
RESEP KERIPIK NANGKA
Keripik merupakan salah satu makanan ringan yang sangat digemari selain kerupuk. Keripik terbuat dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng menggunakan minyak nabati dan bersifat tahan lama karena memiliki kadar air yang rendah. Keripik Nangka biasanya menggunakan mesin penggoreng hampa sebab jika menggunakan cara penggorengan manual, yaitu dengan menggunakan kuali/ wajan buah nangka beresiko tidak menjadi keripik atau buah akan rusak terkena suhu panas yang berlebih.

Bahan :
  • 1 kg buah nangka segar, tidak terlalu matang
  • 1½ liter air
  • 100 gram kapur sirih
  • 75 gram garam
  • 150 gram gula pasir
  • 2 liter minyak goreng
CARA MEMBUAT KERIPIK NANGKA :
  1. Kupas buah nangka dan bersihkan jeraminya, belah daging buah, sisihkan bijinya lalu potong ujung-ujungnya. Rendam buah nangka dengan air larutan kapur sirih hingga 5 jam. Cuci bersih buah nangka kemudian tiriskan hingga benar-benar kering.
  2. Masukkan ke dalam mesin vacuum frying (mesin penggoreng hampa udara) dengan minyak yang dipanaskan pada suhu rendah tidak melebihi 90° Celcius. Goreng hingga matang dan buih pada minyak semakin mengecil atau berkurang, angkat dan tiriskan. Dapat menggunakan mesin peniris minyak, agar keripik nangka tidak mudah tengik.
  3. Simpan keripik buah nangka ke dalam wadah atau plastik kedap udara supaya rasa renyah dan gurihnya tahan lama.
Tips :  Penambahkan rasa pada keripik nangka dapat dilakukan sebelum buah nangka digoreng, kita bisa menambahkan gula pasir, garam atau madu.

sumber: http://resepmasakankreatif.blogspot.com/2013/03/cara-membuat-keripik-nangka.html#ixzz2W6K44B1y

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...