Kamis, 20 Juni 2013

Manfaat Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh adalah termasuk jenis buah-buahan yang sangat bagus untuk kesehatan, khasiat belimbing wuluh diyakini mampu untuk mengobati berbagi jenis penyakit yang sedang kita derita.
Berikut ini adalah beberapa manfaat belimbing wuluh untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang sedang kita derita, yaitu :
  • Manfaat belimbing wuluh yang pertama adalah untuk mengobati batuk. caranya adalah kita ambil dulu bunga belimbing wuluhnya sebanyak 25 kuntum, satu jari kulit kayu manis, satu jari rimpang temu giring, 1 jari kencur, seperempat genggam pegagan, 2 siung bawang merah, seperempat genggam daun saga, seperempat genggam daun sendok, seperempat genggam daun inggu. Setelah itu seluruh bahan itu kita cuci dan potong kecil-kecil. Rebuslah dengan sebanyak 5 gelar air putih hingga tersisa setengahnya saja. Saring, dan minum air rebusan tadi dengan dicampurkan menggunakan madu sebanyak 3 kali satu hari.
  • Mengobati batuk rejan. Caranya adalah dengan mengambil 10 buah belimbing wuluh dan kita cuci hingga bersih, remaslah menggunakan dua sendok air garam. Saring, dan minumlah air ramuannya sebanyak dua kali dalam sehari.
  • Mengobati batuk anak. Ambil 1 genggam bunga belimbing wuluh, gula secukupnya, adas beberapa butir, dan 1 cangkir air putih. Campuran seluruh bahan itu ditim beberapa jam. Setelah didinginkan, kita saring menggunakan kain dan kita bagi untuk 2 kali minum.
  • Mengobati gondongan. Ambillah 10 ranting belimbing wuluh yang masih muda disertai dengan daunnya dan ditambahkan dengan 4 siung bawang merah. Tumbuklah hingga halus, lalu ramuannya kita balurkan di tempat yang sakit.
  • Mengatasi rematik. Caranya adalah ambil sebanyak satu ons daun belimbing wuluh yang masih musa, 15 biji merica, 10 biji cengkeh, tumbuk sampai halur. Lalu tambahkan juga cuka putih secukupnya sampai menyerupai bubur dan kita oleskan di tempat yang sakit.
  • Mengatasi panu. Ambillah sebanyak 10 buah belimbing wuluh yang masih segar dan kita haluskan. Campurkan kapur sirih dan oleskan sampai rata di bagian yang ada panunya.
  • Manfaat belimbing wuluh yang terakhir adalah bisa mengobati jerawat pada wajah. Cara untuk membuat ramuannya adalah kita ambil belimbing wuluh secukupnya kemudian kita tumbuh sampai halus. Ramuannya diremas menggunakan garam secukupnya dan dipakai untuk menggosok wajah kita yang ada jerawatnya.
http://zarnadi7.blogspot.com/2013/05/manfaat-belimbing-wuluh.html#sthash.2Uhvy6N2.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...