Jumat, 07 Juni 2013

Manisan Mangga



Manisan Mangga Muda
Rasa mangga matang yang lebih dominan manis ketimbang asam memang memikat lidah banyak orang. Tidak heran jika kemudian konsumsi mangga matang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan angka konsumsi mangga muda oleh karena rasanya yang asam. Sebenarnya tak hanya mangga muda saja yang masam, ada beberapa jenis mangga yang sampai mengkal pun masih terasa asam di lidah. Biasanya mangga jenis ini dihindari sebab memang kurang nikmat dan segar. Anda termasuk ke dalam orang-orang tersebut? Jika iya, mulailah belajar membuat penganan dari mangga muda agar lebih nikmat di lidah. Salah satu yang wajib dicoba adalah manisan mangga muda. Penganan yang satu ini selain nikmat dijadikan camilan di segala suasana, juga cocok dijadikan sajian saat lebaran dan hari spesial lainnya.

Siapkan Bahan Yang Diperlukan

Untuk membuat manisan mangga muda sangat mudah sebenranya. Bahan yang digunakan juga cukup mudah didapatkan. Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk meracik manisan:

  1. Mangga muda sebanyak 1 kilogram. Rekomendasi jenis mangga terbaik untuk dijadikan manisan mangga muda adalah mangga indramayu. Kupas kulitnya dan potong-potong memanjang. 
  2. Kapur sirih secukupnya.
Bahan Sirup Manisan A, antara lain:
  1. Air sebanyak 100 mililiter
  2. Gula pasir sebanyak 250 gram
  3. Garam sebanyak 1 sendok makan
Bahan Sirup Manisan B, antara lain:
  1. Air sebanyak 500 mililiter
  2. Gula pasir sebanyak 250 gram
Cara Membuat Manisan Mangga Muda

Setelah semua bahan lengkap, saatnya meracik manisan mangga muda Anda. Adapun langkah demi langkahnya sebagai berikut:
  1. Buah mangga yang telah dipotong-potong memanjang direndam di dalam air yang telah dicampur dengan kapur sirih secukupnya.
  2. Diamkan selama 40 menit. Setelah itu tiriskan dan cuci bersih agar kapur sirih hilang sempurna dari mangga. Jika tidak cermat, rasa pahit dan getir kapur sirih akan lengket ke mangga. Setelah bersih, simpan mangga muda di dalam stoples kaca. Tutup rapat.
  3. Selanjutnya, siapkan bahan dari Sirup Manisan A. Rebus gula pasir tersebut bersama air dan tambahkan garam secukupnya. Terus rebus hingga mendidih. Setelah itu matikan api dan dinginkan air sirup.
  4. Setelah sirup dingin, tuang ke dalam stopless tempat mangga disimpan. Setelah sirup masuk sempurna, tutup rapat stopless dan diamkan semalam penuh.
  5. Besoknya, buang air sirup dari dalam stopless. Selanjutnya, olah bahan Sirup B. Rebus air bersama gula dan kembali dinginkan. Setelah itu masukkan lagi ke dalam stopless seperti sirup A. Diamkan selama 40 menit dengan dimasukkan ke dalam lemari pendingin. 
Saat hendak disajikan, pisahkan air gula dari mangga. Porsi manisan mangga muda ini muat untuk 10 orang. Paling nikmat disajikan sebagai hidangan pembukan pun penutup. Sebagai camilan di sore hari saat bercengkrama bersama keluarga juga tentu menyenangkan. Selamat menikmati ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...