Jumat, 05 Juli 2013

Khasiat / Manfaat Buah Salak

Khasiat Buah Salak, bagi masyarakat Indonesia siapa yang tidak mengenal buah salak. Nama lain dari buah salak adalah Salacca Edulis dan buah salak merupakan buah yang cepat berkembang di daerah tropis. Buah salak sangat diminati oleh masyarakat Jepang, Amerika dan juga Eropa, ini karena buah salak memiliki rasa yang manis, dan juga memiliki kandungan-kandungan yang memberikan khasiat buah salak bagi kesehatan tubuh kita.

KHASIAT BUAH SALAK

Kandungan-kandungan yang dimiliki buah salak adalah, kalori, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B, vitamin C, air, saponin, tannin, dan flavonoida. Dilihat dari kandungan-kandungan tersebut tentu saja khasiat buah salak akan kita dapatkan apabila kita mengkonsumsinya. Bagi sebagian orang yang belum mengetahui berbagai khasiat buah salak, mungkin cukup enggan untuk mengkonsumsi buah salak karena selain memiliki kulit yang cukup keras dan bagi yang tidak hati-hati mengupasnya maka akan timbul luka, menurut mitos buah salak juga dapat menyebabkan susah buang air besar. 
Namun jangan salah seperti yang tadi telah dikatakan buah salak sangat bermanfaat untuk tubuh kita.
Lalu apa saja sebenarnya khasiat buah salak? Berikut adalah beberapa khasiat buah salak yang akan kita dapatkan apabila kita mengkonsumsinya :

1. Mengatasi Diare

khasiat buah salak sangat baik untuk mengobati apabila kita terserang penyakit atau masalah di sekitar perut seperti mencret atau diare. Dengan mengkonsumsi sebanyak 20 gram daging buah salak yang masih muda maka dapat membantu mengobati penyakit dan masalah di sekitar perut.

2. Memelihara Kesehatan Mata

khasiat buah salak sangat baik untuk memelihara dan menjaga kesehatan mata, ini karena buah salak mengandung betakaroten. Pada penelitian terakhir menyatakan, betakaroten dalam buah salak lebih banyak bila dibandingkan dengan buah mangga, jambu biji dan juga semangka merah.

3. Membantu Program Diet

khasiat buah salak sangat baik untuk membantu program diet kita, ini karena buah salak mengandung zat gizi dan fitonutrien yang berpotensi membantu program diet. Selain itu, di dalam buah salak terdapat vitamin C, tannin dan serat. Dan diketahui bahwa serat dapat memberikan rasa penuh atau efek kenyang lebih lama karena memerlukan waktu untuk diserap oleh usus.
Selain khasiat buah salak di atas, khasiat buah salak juga bermanfaat sebagai cemilan sehat, ini karena selain enak memang buah salak memiliki manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk tubuh kita. Selain itu khasiat buah salak juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kuku dan kulit kita.
Namun untuk penderita maag dan radang usus lebih baik untuk mengurangi mengkonsumsi buah salak, ini karena kandungan tannin dalam buah salak dapat memperparah kondisi usus yang luka karena buah salak sulit untuk dicerna.
Dan untuk mengurangi kekhawatiran tentang kesulitan buang air besar setelah mengkonsumsi buah salak, maka sebaiknya dalam mengkonsumsi buah salak dengan kulit arinya, cobalah untuk tidak menguliti buah salak sampai bersih, karena kulit ari dari buah salak dipercaya dapat mengatasi kesulitan buang air besar.
 
sumber :  http://www.berkhasiat.com/2013/03/khasiat-buah-salak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...