Kamis, 04 Juli 2013

Khasiat / Manfaat Buah Sukun

Manfaat Buah Sukun
Buah sukun merupakan tumbuhan dari golongan famili Moraceae yang sering disebut sebagai â??Breadfruit atau buah rotiâ?. Buahnya berbentuk bulat dengan daun lebah menyerupai buah dan daun keluwih. Batang kayunya bisa besar dengan tekstur serat kayu yang kasar dan lombo/lunak.
Semua bagian tanaman bergetah encer.
Buah ini berbunga tunggal (bunga betina dan bunga jantan terpisah), tetapi menyatu. Bunganya keluar dari ketiak daun pada ujung cabang dan ranting.Bunga jantannya berbentuk seperti tongkat (ontel) dan yang betina berbentuk bulat bertangkai pendek (babal) seperti pada bunga nangka.
Buah sukun yang telah tua dapat direbus, digoreng, dibuat tepung dan keripik, serta dapat dibuat tape melalui proses fermentasi. Khasiat buah ini bisa menurunkan kadar gula darah, terutama untuk buahnya yang masih muda.
khasiat dan manfaat buah sukunsumber gambar : ilmci.com
Daunnya efektif mengobati penyakit seperti liver, hepatitis ,DM, sakit gigi, gatal-gatal, pembesaran limpa, jantung, dan ginjal.Berikut contoh pemakaian sukun untuk pengobatan :
Sakit kuning atau penyakit lever:
-          Ambillah satu buah sukun, belah menjadi 4 potong dan direbus sampai mendidih, minumlah sebanyak mungkin air rebusan tersebut dan bila perlu setiap minum pakailah air rebusan tersebut selama dua minggu atau lebih, maka penyakit lever akan sembuh.
-          Daunnya juga sangat berkhasiat menyembuhkan lever, caranya adalah ambil 10 helai daun yang sudah tua warna kuning, rebus sampai mendidih seperti warna teh, berikan dan minumkan ke penderita air rebusan selama 2 minggu maka sakit lever tersebut sembuh.

sumber :  http://weus.net/manfaat-dan-khasiat-buah-sukun/3880/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...