Kamis, 04 Juli 2013

Manfaat / Khasiat Buah Leci

Kandungan, Khasiat dan Manfaat Buah Leci – Leci tumbuh di pohon kayu yang keras, ketinggian pohonnya mencapai antara 20 hingga 100 kaki, buah leci ini pun memiliki kubah yang berbentuk sangat berbeda, puncaknya pun sangat tebal, daun cemaranya pun tumbuh dengan menarik sehingga menimbulkan daun yang baik.
Pohon Leci alami bisa berkembang di negara bagian selatan terlebih dengan iklim yang hangat, buah leci pun bisa dibesarkan di dalam atrium, atau di rumah kaca di daerah lain.
Buah leci sering digunakan dalam hidangan Asia, baik dalam kondisi segar atau berbentuk kalengan. Buah leci menambah rasa serta tekstur yang menarik untuk hidangan manis dan gurih. Buah yang satu ini juga mengandung vitamin C dan potasium yang cukup tinggi.
Kandungan Buah Leci
Setiap 100 gram buah leci, terdapat 72 mg vitamin C. Vitamin ini adalah vitamin terbanyak yang dikandung buah leci. Hanya dengan memakan sembilan buah leci, kebutuhan harian vitamin C orang dewasa akan terpenuhi. Buah ini juga rendah lemak sehingga baik dikonsumsi oleh orang yang sedang berdiet ataupun hanya mempertahankan berat badan.
Kandungan sukrosa dan glukosa buah leci juga sangat melimpah. Mengonsumsi buah leci pada malam hari dapat menambah cadangan energi untuk keesokan harinya. Kandungan gula di dalamnya sangat bervariasi, tergantung varietas leci. Selain itu, leci adalah sumber serat pangan (dietary fiber) yang lumayan. Sebab, setiap 100 gram buah leci, serat yang dimiliki sekitar 1,3 gram.
Khasiat dan Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan
Mengkonsumsi Buah Leci secara langsung mungkin belum terlalu umum bagi masyarakat di Indonesia. Umumnya masyarakat mengkonsumsi buah leci dalam bentuk olahan atau dengan campuran. Padahal buah leci merupakan buah yang telah melegenda di Cina.
Tapi terlepas dari terkenal atau tidaknya buah ini, buah leci memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Menurut penelitian dari Universitas Zhejiang Gonshang dan Rumah Sakit Cina Barat yang berada di Universitas Sichuan, Manfaat buah leci sangat luar biasa.
Dari hasil penelitian, buah leci memiliki kandungan mineral yang dibutuhkan oleh pertumbuhan tulang dan pembentukan tubuh. Mineral dalam leci termasuk di dalamnya kalsium, fosfor dan magnesium.
Tak hanya itu, buah leci juga baik untuk kecantikan. Konsumsi buah leci dapat memperhalus kulit, memperkaya darah dan mengembalikan stamina tubuh. Buah Leci juga disebut dapat mencegah pertumbuham sel kanker dalam tubuh. Dari hasil penelitian tersebut, leci mengandung flavonoid yang terbukti sangat efektif melawan kanker payudara. Leci juga merupakan sumber vitamin c, vitamin C ini dapat melawan penyakit jantung dan kanker. Vitamin C juga baik untuk tulang dan jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...