Kamis, 13 Juni 2013

Kandungan Buah Nangka

Manfaat Buah Nangka dan Kandungannya




Selain memberikan rasa nikmat pada mulut, kandungan gizi buah nangka juga memberikan manfaat atau khasiat bagi kesehatan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Ada beberapa banfaat buah nangka untuk kesehatan.
Nangka merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat dan gizi. Manfaat buah nangka sendiri sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, bukan hanya buahnya saja yang memiliki manfaat melainkan biji, getah dan kayu pohon nangka ini memiliki manfaat sendiri – sendiri. Kandungan dari buah nangka inilah yang berguna untuk kesehatan kita, seperti kandungan mineral (kalsium, zat besi, potassium, dan magnesium), vitamin A, vitamin B, vitamin C, senyawa thiamin, riboflavin, niacin dan masih banyak lagi kandungan yang memang dibutuhkan oleh tubuh kita.




Kandungan Nutrisi Buah Nangka



Vitamin C
Siapa bilang cuma jeruk saja yang kaya vitamin C? Nangka juga kaya kandungan vitamin C. Nutrisi yang satu ini mampu melindungi tubuh dari infeksi bakteri serta memperkuat immune tubuh. Menjaga agar sel darah putih tetap stabil jumlahnya.
Apabila Anda merasa sedang gugup dan lelah, makan saja buah nangka agar lebih tenang

Fitonutrisi
Nutrisi yang satu ini ampuh untuk melawan kanker. Di mana nangka mengandung fitonutrisi bernama lignans, isoflavon dan saponin, yang berfungsi sebagai anti kanker dan anti aging

Serat
Serat sangat penting untuk membantu memperlancar pencernaan. Untuk itu, mengonsumsi nangka juga dapat membantu memperlancar pencernaan serta membersihkan usus.

Vitamin A
Kandungan vitamin A dalam nangka dapat membantu memperbaiki penglihatan serta meningkatkan kualitas rambut dan kulit yang lebih baik. Tak perlu menghabiskan banyak uang untuk memetik kebaikan vitamin A, kan?

Rendah Lemak
Buah ini juga mengandung kolesterol yang rendah, jadi aman untuk diet serta mencegah penyakit jantung. Anda tak perlu khawatir saat memasukkannya dalam list menu diet.

Potassium (Kalium)
Kandungan potassium membantu menyeimbangkan tekanan darah.

Magnesium
Nutrisi yang satu ini fungsinya untuk menguatkan tulang dan memberi asupan makanan pada tulang. Magnesium sendiri membantu penyerapan kalsium secara maksimal sehingga tulang tidak mudah keropos.


Manfaat buah nangka
.
1Manfaat buah nangka, mengandung serat yang baik untuk mengatasi susah buang air besar atau sembelit. Serat ini juga bisa melindungi membran mukosa pada usus dan bisa mengingat zat karsinogen yang bisa menyebabkan kanker pada usu besar.

2.Manfaat buah nangka dapat mencegah terjadinya resistensi terhadap penyebab infeksi dan bisa membuat terlindung dari radikah bebas yang berbahaya. Ini disebabkan karena nangka mengandung banyak vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan. ada sekitar 13,7 miligram vitamin C dalam 100 gram nangka.

3.Manfaat nangka dapat mengembalikan tenaga pada tubuh secara langsung.  Mengapa? karena nangka mengandung gula sederhana seperti sukrosa dan fruktosa yang bisa langsung diubah menjadi energi melalui proses metabolisme tubuh.

4.Manfaat nangka untuk menjaga kesehatan jantung, karena nangka mengandung zat yang baik bagi jantung seperti potasium, magnesium, mangan, kalium dan zat besi. Perlu kamu ketahui bahwa kalium berguna untuk mengatur detak jantung serta tekanan darah.

5.Manfaat nangka bisa untuk mencegah kecacatan otak, karena nangka mengandung banyak asam folat, asam folat inilah yang nantinya berfungsi untuk mecegah kecacatan otak.  Vitamin B kompleks, B6, Niacin dan riboflavin juga ditemukan pada buah nangka.

6.Manfaat nangka dapat membuat kita terhindar dari sakit kanker rongga mulut dan kanker paru-paru. Karena nangka mengandung banyak vitamin A dan antioksidan flavanoid seperti xanthin, beta-karoten, lutein, dan juga beta cryproxanthin. Selain mencegah kanker, vitamin pada nangka ini bisa juga untuk menjaga kulit dan selaput lendir.

Demikian Manfaat Buah Nangka dan Kandungannya semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...